BAGAIMANA MEMPERBAIKI KEBIASAAN BELAJAR ANDA?

study-area-LRGMungkin Anda adalah seorang siswa dengan kemampuan belajar atau intelek yang rata-rata atau di bawah standard. Anda merindukan untuk mendapatkan nilai atau prestasi yang lebih baik, tetapi tidak jarang, prestasi-prestasi hanya sering dimiliki oleh beberapa orang saja dari sekian siswa yang ada di sekolah atau kelas Anda. Mungkin Anda tahu bahwa kemampuan Anda tidak jauh berbeda dari mereka, tetapi mengapa mereka justru selalu lebih berprestasi? Lagian, mungkin Anda lebih tertarik untuk terlibat dalam gerak jalan dari pada dalam mempelajari ilmu sejarah atau lebih berbakat dalam olahraga daripada persekolahan. Mungkin fakta bahwa Anda tidak belajar dengan sangat baik atau malah tidak memiliki bakat untuk belajar.
Anda mungkin berpikir bahwa Anda tidak akan pernah menjadi seorang seorang siswa yang paling top di kelas. Bagaimanapun juga, hal tersebut bukanlah sebuah kebutuhan yang harus. Ada orang atau siswa yang dapat menjadi seorang siswa sekolah yang lebih baik jika ia ingin melakukan sesuatu berkaitan dengan belajarnya. Itu adalah benar bahwa Anda jangan menjadi bersemangat tentang segala sesuatu yang Anda pelajari, tetapi dengan menggunakan waktu Anda miliki secara sungguh-sungguh, Anda dapat memperbaiki prestasi Anda tanpa menambah banyak kerja. Pertanyaannya ialah, bagaimana hal itu dapat diwujudkan?
Ada beberapa pokok pikiran yang dapat Anda kembangkan berkaitan dengan hal belajar:
Pertama: Rencanakanlah waktu Anda sebaik mungkin. Ketika Anda merencanakan sebuah perjalanan, hal pertama dari hal-hal yang harus Anda lakukan ialah membuat sebuah daftar tentang hal-hal yang hendak dikerjakan sepanjang perjalanan. Jika Anda tidak melakukannya, Anda hampir pasti akan meninggalkan sesuatu sesuatu yang penting d rumah. Ketika anda merencanakan kegiatan mingguan, Anda akan membuat sebuah daftar tentang hal-hal yang harus Anda lakukan untuk sepanjang minggu itu. Oleh karena itu, Anda tidak boleh lupa untuk meninggalkan cukup waktu untuk menyempurnakan sebuah tugas penting. Penuhilah pertama-tama dengan komitmen waktu: makan, tidur, berdandan, sekolah, pertemuan, dan lain-lain. Kemudian putuskan salah satu yang terbaik, dan aturlah waktu untuk belajar. Untuk mengatur cukup waktu untuk menyempurnakan pekerjaan yang Anda kenal secara normal pada masing-masing minggu. Tentu saja, belajar tidak dapat menghabiskan semua dari waktu bebas Anda. Jangan lupa untuk mengatur waktu yang cukup dengan suara yang rendah, untuk hiburan, hobby dan mungkin juga hanya relaksasi. Sebuah jadwal mingguan tidak boleh memecahkan semua masalah Anda, tetapi itu akan menguatkan Anda untuk merealisasikan apa yang terjadi untuk waktu Anda.
Kedua, menemukan tempat yang baik untuk belajar. Lihatlah sekitar rumah untuk sebuah area belajar yang baik. Tempatilah tempat tersebut, yang mana boleh menjadi sebuah desk atau dengan sederhana sebuah sudut dari rumah Anda, bebas dari segala sesuatu tetapi materi-materi belajaar. Tidak ada pertandingan, radio, atau televise. Jika Anda dapat menemukan lagi suatu tempat di rumah, menemukan sebuah perpustakaan di mana Anda dapat belajar. Ketika Anda duduku untuk bekerja, konsentrasilah pada subyek. Dan janganlah pergi ke tempat di mana And amempunya pilihan yang tidak baik Anda siap untuk belajar.
Ketiga, gunakanlah dengan baik tentang waktu Anda selama di ruangan kelas. Ambilah keuntungan waktu di kelas untuk mendengar segala sesuatu yang guru katakan. Duduklah di mana Anda dapat melihat dan mendengar dengan baik. Kesungguhan mendengar di kelas kurang bekerja untuk kemudian. Membuat catatan-catatan membantu Anda untuk mengingat apa yang guru katakana. Ketika guru memulai subyek, berhentilah membuat catatan.
Keempat, belajarla secara teratur. Ketika Anda kembali ke rumah dari kelas, ulangilah catatatan-catatan Anda. Ulangilah point-point yang penting bahwa guru Anda katakan di kelas. Bacalah materi-materi yang saling berelasi dalam buku paket atau “diktat” yang disarankan oleh guru Anda. Jika Anda mengetahui bahwa guru Anda akan mendiskusikan pada hari berikutnya, ulangi dan bacalah materi itu juga. Ini akan membantu Anda untuk mengerti pada pelajaran berikutnya. Jika Anda melakukan hal-hal itu secara teratur, materi pelajaran akan menjadi lebih mudah dan Anda akan mengingatnya dengan lebih lama.
Kelima, scanlah sebelum Anda membaca. Scan ialah kegiatan yang sangat mudah dilakukan oleh setiap siswa. Itu berarti sebelum pelajaran dimulai (misalnya pada malam sebelumnya) Anda bisa melihat seluruh materi yang hendak dipelajari di kelas secara cepat dan sekilas (membaca dengan cepat). Scanning akan membantu Anda untuk mengerti bahan pengajaran secara menyeluruh walaupun guru baru hanya menjelaskan pada bagian awal saja.
Keenam, mengembangkan suatu sikap yang baik tentang ujian. Maksud sebuah test ialah untuk menunjukkan apakah Anda telah belajar tentang suatu materi atau subyek atau belum. Dunia tidak akan berakhir jika Anda tidak lulus dari sebuah test, sehingga jangan membuat diri Anda terlalu cemas dengan ketidaklulusan sebuah test. Ujian-ujian lebih hanya memberikan angka-angka; angka-angka membuat Anda tahu apakah Anda butuh untuk belajar lebih, dan mereka membantu membuat secara permanent pengetahuan baru Anda.
Ada beberapa teknik yang dapat membantu Anda dengan kegiatan-keggiatan belajar Anda. Apa yang ditawarkan di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak teknik yang biasanya dilakukan bagi mereka yang telah berhasil di dalam belajar. Dukungan lingkungan dan secara psikologis yyang dihadapi setiap orang juga sangat membantu untuk mengembangkan diri dalam belajar. Tetapi jika anda dapat melakukan sedikit dari yang telah disebutkan di atas, Anda pasti akan menemukan keberhasilan yang lebih. Cobalah untuk setia melakukannya!!
sergio
Beranda, 11 September 2009
Sergio

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s