MASA ADVENT: DALAM DIMENSI WAKTU

p4060054

Setiap tahun umat kristen selalu “memulai kembali” suatu masa baru dalam tradisi gereja yaitu Masa Adven. Kata “advent” dari bahasa Latin adventus (Yunani: parousia) berarti “kedatangan” atau “tiba”, yang dihubungkan dengan kedatangan Yesus sebagai Mesias; baik itu dihubungkan dengan “kedatangan pertama” pada kelahiran-Nya beberapa ribu tahun lalu, maupun “kedatangan-Nya yang kedua” yang selalu disebut orang Kristen dengan kedatangan-Nya sebagai hakim bagi segala bangsa; parousia dalam bahasa Yunani. Karena itu, segala bentuk doa, nyanyian dan warna liturgi kristen pun disesuaikan dengan nuansa perasaan dan tradisi-liturgis dari persiapan kedatangan Tuhan itu sendiri. Atau dengan kata lain, doa, ibadah dan perayaan masa ini mengacu pada kedatangan Yesus yang lahir di Betlehem, dan mempersiapkan kita pada kedatangannya sebagai Raja yang mulia kelak.

Oleh karena itu, Kitab Suci yanag ditawarkan Gereja untuk direnungkan selama masa Advent ini ialah berkisar pada persiapan kedatangan Tuhan, entah yang pertama ataupun yang kedua. Nubuat-nubuat kelahiran Yesus dalam Perjanjian Lama akan sering didengar selama masa advent ini dan juga dari Kitab Perjanjian Baru. Juga dibaca perikop-perikop dari kisah Yohanes Pembaptis, yang menjadi tokoh dalam persiapan jangka pendek kedatandan-kelahiran-Nya.

Pada tahun ini, seperti kata Bapa Paulus benediktus XVI, “ Masa Adven mengunjungi dan serentak mengajak kita semua untuk merefleksikan tentang dimensi waktu, bahwa kita perlu menghargai dan mengisi setiap perjalanan waktu ini dengan baik. Kita harus memiliki rasa tertarik untuk mengolah waktu yang selalu kita lalu, dengan sebuah makna akan penantian kedatangan Tuhan Yesus. Tentang contoh dari beberapa perbuatan cinta kasih Yesus, Bapa Paus ingin berangkat dari sebuah kehidupan sangat kongkrit: kita semua mengatakan bahwa “kita tidak mencukupi waktu bagi kita” karena irama hidup setiap hari diubah dan diisi dengan sebuah kesibukan demi cita-cita kemanusiaan kita. Dan cita-cita ini menjadi sangat fanatik diperjuangkan, sampai mengatakan tidak mempunyai waktu untuk Tuhan. Juga untuk hal ini gereja mempunyai “kabar gembira”: Tuhan memberikan kepada kita waktu-Nya. Kita selalu mempunyai sedikit waktu; khususnya untuk Tuhan kita tidak mengenal atau, kadang-kadang kita tidak ingin menjumpai-Nya dalam waktu.

Entah bagaimanapun keadaan kita, Tuhan akan selalu memiliki waktu yang banyak untuk kita! Tuhan tidak pernah mengatakan bahwa Ia hanya memiliki sedikit waktu untuk kita, hanya kita yang selalu meengatakan itu, atau selalu menampakkan itu melalui hidup nyata kita. Masa Advent ialah saat di mana berawal suatu tahun liturgi yang kita jalani dengan hal yang mengagumkan yang selalu dilihat sebagai sebagai sesuatu yang baru, seperti kita yang berbangga ketika memasuki tahun baru. Tetapi begitulah kenyataannya baahwa Masa Advent adalah tahun baru bagi liturgi gereja kita. Ya: Tuhan memberikan kepada kita waktu-Nya, karena waktu itu telah masuk ke dalam sejarah dengan sabda-Nya dan menjadi sejarah keselamatan. Dalam prospektif ini, waktu sudah dalam dirinya dilihat sebagai sebuah tanda fondamental dari cinta Tuhan: sebuah pemberian bahwa manusia, seperti setiap hal lain, adalah sesuatu yang bernilai dan yang sedang berjalan dan mengukir waktu dan dirinya dan kerangka menantikan kedatangan Sang juru Selamat.

Tuhan datang secara terus menerus dalam hidup kita. Tetapi, sekarang adalah waktu yang tepat, saat di mana Allah, dalam diri Yesus, menunjukkan secara kongkrit bagaiman Dia ingin menyelamatkan kita dalam perjalanan waktu kita, yang hampir tidak sadari. Tuhan selalu datang kepada kita dengan kekuatan sabda: “berjaga-jagalah kalian”. Ia berpaling kepada para murid-Nya, tetapi juga kepada “semua”, karena setiap orang hidup dalam wakatu, hanya Tuhan yang tahu, Ia akan memanggil untuk membalas tagihan dari apa yang menjadi milik-Nya.

Beranda, 17 Desember 2008

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s